Kamis, 25 Mei 2017

Praktik Lapangan Terpadu 2017 - Chapter 5

Assalamualaikum

Selamat tengah malam rekan pembaca. Cuma mengingatkan, kalian boleh kok baca ini tengah malam langsung, asal gak sambil di tengah jalan bacanya. Ceritanya mau ngelucu, tapi kagak lucu ya? Yaudah dah.

Daripada gagal lucu berkelanjutan, mending Sarah bercerita PLT berkelanjutan. Boleh?

Boleh aja ya, kan kalau cerita ditulisin gini mengurangi resiko stres buat Sarah. Iya tau Sarah punya salah karena telat ngeposting ini, maafin boleh?

Boleh dong, seenggaknya kasih kesempatan Sarah menebus kesalahan dengan bercerita. Sepakat yayayaaa? 

Berhubung yang mau diceritain hanya berkisar tiga hari, tapi berkesan. Biasa, di waktu-waktu mau perpisahan jadi kesan hidup menjadi masyarakat di Kampung Cikoneng 2 makin terasa. Ada rasa bahagia bisa hidup bersama bahkan diterima dengan suka cita oleh masyarakat disana. Ada pula rasa gak rela, yap gak rela melepas kebahagiaan yang ada disana meskipun gak betah di minggu-minggu awal.

Jumat pagi tanggal 19 Mei 2017, rutinitas posko seperti biasa. Yang piket ya piket, yang ngajar ya ngajar, yang males-malesan ya pada pulang ke rumah atau kosan masing-masing. Sarah ngapain hayo? Sarah kebagian ngajar RA sampai jam 10.00 WIB.

Selesai ngajar, Sarah sibuk dengan hadiah yang akan dibagikan kepada anak-anak madrasah yang mengikuti lomba. Mulai dari beli sampai ngebungkusnya jadi kado. Lelah, sudah pasti.

Anggota yang lain sibuk apa? Beberapa melanjutkan persiapan lomba yang dilaksanakan ba'da Jumatan dan beberapa yang lainnya mempersiapkan untuk penampilan dan dekorasi di penutupan yang dilaksanakan esok hari.

Alhamdulillah lomba pendidikan ba'da Jumatan berjalan lancar dan sukses meskipun gak sesuai jadwal, agak molor dikit lah ya waktunya. Tapi tenang, hasil jepretnya ada kok. Nih lihat-lihat ulud (baca: dulu) kak!;)



Dua aja cukup kan? Kalau banyak-banyak nanti takut sayang; sayang kuota dikit lagi soalnya udah mau habis hahaha.

Selanjutnya rutinitas Jumat malam yaitu pengajian di rumah Pak Ustadz Ikin, suami Bu Entin. Sebelum pengajian mulai, kami ikut serta mempersiapkan jamuan untuk jama'ah pengajian. Ya kami, tujuh wanita yang memang lebih produktif dari laki-lakinya.

Meskipun awalnya sengaja dibagi dua agar bagian satu ikut pengajian dan bagian lainnya ikut rapat dengan karang taruna. Namun sayang, sepertinya ada rasa kurang tanggungjawab pada diri anggota yang lain hingga menyebabkan rapat karang taruna gak dihadiri oleh mahasiswa. Hoax, Sar? Gak, itu fakta ya walaupun keliatan jeleknya kan kelompok Sarah. Ketawain aja dah yuk, hahaha!

Lanjut ke Sabtu pagi, Sarah piket. Selesai beresin posko Sarah lanjut ke lapangan tempat lomba ketangkasan dilaksanakan. Hasil jepretnya? Ini ada kok!



Banyak video sih sebenarnya, cuma gimana ya? Buat upload video kuotanya terbatas, akhir bulan gini amat dah.

Langsung lanjut ke acara malam, acara puncak penutupan PLT. Kalau sekarang, Sarah kasih foto-foto aja ya. Sudah mulai lelah bercerita. Butuh kasur dan tidur.







Sama kaya lomba-lomba ketangkasan, acara penutupan penuh sama video. Enaknya sih Sarah edit dulu videonya, tapi apa daya, belum bisa edit video meskipun keinginan edit udah membengkak.

Selanjutnya di hari Minggu pagi, acara pamitan sama masyarakat. Sedih gimana gitu mau ninggalin masyarakat Kampung Cikoneng 2. Tapi tenang, masalah silaturahmi tetap terjalin loh! Oh iya cerita sedikit lagi ah.

Ketika anggota lain pamitan sama Bu Entin dan keluarganya, Sarah sama Irma malah semangat nyari singkong buat oleh-oleh. Niat mau beli, eh malah dikasih. Alhamdulillah.

Karena penasaran, Sarah sama Irma nyangkul sendiri buat ngambil singkongnya. Tolong gak salah paham ya, singkongnya diambil setelah izin ke Pak Karna, yang punya kebun singkong. Kalau cangkulnya, pinjam ke Pak Ustadz Ikin yang kebetulan lagi bawa cangkul untuk mengaduk pasir dan semen membangun rumah yang didanai anak pertamanya.

Tau rasanya nyangkul gak hayo? Asik loh! Tapi cape juga sih, harus punya semangat lebih buat nyangkul. Kamu mau nyemangatin Sarah nyangkul? Hahaha.

Dan ternyata lagi asik-asiknya nyangkul Pak Karna datang membawa alat untuk ngambil singkong dan kardus bekas. Setelah itu Pak Karna mengajak Sarah dan Irma ke kebun yang agak ke bawah. Luar biasa, singkong disana gede-gede karena memang usianya sudah sampai setahun. Butuh foto? Ada dong!



Itu sih cuma dikit. Yang sekardusnya udah dibawain sama Pak Karna. Gak cuma di kardus, karena singkongnya dibagi-bagi juga ke yang lain, Sarah malah kebagian bawa singkong di karung. Endingnya, berasa mudik di motor bawa kardus sama karung. Motor Irma, kalau Sarah bagian nebeng hahaha.

Cukup ya ceritanya. Cukup juga kayanya kisah tentang PLT 2017. Terima kasih sudah membaca, terima kasih sudah bersedia menanti, ditunggu kritik dan sarannya.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi rekan pembaca yang beragama Islam. Dan selamat tidur, semoga nyenyak meskipun waktu tidurnya hanya sekedar menutup mata sesaat.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar