Kamis, 18 Mei 2017

Praktik Lapangan Terpadu 2017 - Chapter 4

Assalamualaikum

Selamat hari Kamis, yap karena hari Rabu jaringan Loop gak ada makanya Sarah baru update hari ini. Sekali lagi, mohon maaf ya. Maaf jika membuat rekan pembaca terlalu lama menunggu postingan ini. Yaaa siapa tau jadi ada yang kangen Sarah gitu gara-gara kelamaan nunggu Sarah update postingan. Ups hahaha.

Apa kabar? Baik-baik aja dong pastinya. Kalau emang lagi kurang sehat, semoga lekas sehat, Sarah cuma bisa mendokan yang terbaik untuk kesembuhan rekan pembaca. Kalau kabar Sarah, Alhamdulillah baik. Gak nanya ya? Yaudah iya dah, maaf tiba-tiba bilang kabar padahal kagak ada yang nanya.

Hari ini, masih gak ada hujan kalau dari langit. Yang ada cuma hujan dari mata. Nangis, Sar? Gak nangis, cuma netes aja. Bukan karena gak betah, kali ini karena semakin dekat dengan kata pisah. Yap, hari berpisah dengan masyarakat Cikoneng 2 yang baiknya luar biasa ketika kedatangan mahasiswa seperti Sarah dan kawan-kawan Sarah.

Terutama masyarakat yang emang terlanjur sangat dekat dengan mahasiswa. Karena kedekatan itu juga yang memudahkan komunikasi untuk menjalankan siklus PLT. Meskipun rintangan dan kesulitan datang silih berganti, ternyata waktu sebulan memang sangat kurang untuk menyempurnakan kegiatan PLT dengan siklus.

Postingan ini Sarah mau cerita lagi ya. Menceritakan keakraban Sarah dengan tokoh wanita di Kampung Cikoneng 2 dan anak-anaknya. Seperti dipostingan sebelumnya, Bu Entin masih mendominasi keseharian kami, para mahasiswa. Selain sebagai tokoh wanita, Bu Entin sanggup membimbing kami bermasyarakat di Kampung Cikoneng 2.

Kegiatan yang dilakukan minggu kemarin di tanggal merah yakni melakukan perjalanan wisata dan makan bareng. Perjalanan dari tangga seribu yang dilanjut menuju batu kuda. Ya Kampung Cikoneng, dengan kehidupan masyarakat yang sederhana namun kaya dengan wisata.

Perjalanan dimulai jam 8 pagi, sampai di tangga seribu kurang lebih jam setengah 9 dilalui dengan berjalan kaki. Jam 9 tiba di tangga seribu langsung dilanjut dengan makan bersama, kata orang-orang Sunda sih disebutnya Botram. Selesai makan jam 10 kurang 15 menit, dilanjutkan berfoto bersama. Fotonya menyusul ya, nyelip di dokumen, Sarahnya ngantuk jadi rada males mencarinya. Maafkan.

Selesai foto, perjalanan dari tangga seribu menuju batu kuda dimulai. Kurang lebih jam 10.20 kami rombongan dari Cikoneng 2 tiba di batu kuda. Yey! Cape, kotor, tapi bahagia. Kalau kebahagiaan di batu kuda, insyaAllah menyusul ya videonya. Sinyal kurang mendukung nih buat upload. Selesai menghilangkan penat diteduhnya pohon pinus batu kuda, kami kembali menuju posko dan tiba jam 11 lebih, mendekati waktu Dzuhur.

Kamis kemarin, menjadi hari paling padat diantara Kamis sebelumnya dan tentu Kamis hari ini. Tamu sana sini datang ke posko. Kegiatan sampe malam tak henti. Ditambah melaksanakan pengenalan pembuatan bolu singkong bersama ibu-ibu di Kampung Cikoneng 2 yang juga didampingi oleh Bu Ami, sebagai ibu RW. Menguras tenaga dan pikiran, tapi Alhamdulillah selalu ada kesehatan mengiringi diri Sarah dan teman-teman mahasiswa disini, di posko kelompok 3.

Pembuatan bolu singkong berlanjut di hari Jum'at dan bahkan di hari Selasa kemarin juga ada. Selebihnya, kegiatan mulai berfokus untuk penutupan. Apalagi bendahara, pusying sama uang. Kasian tah yang jadi bendahara, hem.

Ada pula kegiatan pembuatan peta sosial. Peta ini berguna untuk pemberian titik dimana pusat pendidikan, pusat keagamaan dan lain sebagainya. Kegiatan pemetaan sosial masih tetap dibantu oleh Bu Entin.

Selesai dulu ya ceritanya. Kasian rekan pembaca, baca cerita Sarahnya agak gak nyambung, diksinya gak greget dan pokoknya yang minus-minus lah. Ya gini Sarah, kalau ngelakuin sesuatu gak sesuai jadwalnya jadi males-malesan juga ngejalaninnya. Bisa beres sampe salam di akhir juga, daebak! Cerita selanjutnya mudah-mudahan bisa dilanjut di hari Rabu depan ya.

Selamat berakhir pekan rekan pembaca, semoga menyenangkan akhir pekannya. Bantu doa dan semangatnya dong buat Sarah yang lagi pusing sama penutupan, ya pusing lah dengan beberapa problem. Kalau ada yang perlu ditanya atau mau ngasih saran, komen aja. Kontak langsung Sarah juga boleh, siapa tau jodoh hahaha.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar