Jumat, 30 Agustus 2013

Paragraf Generalisasi, Analogi, Sebab - Akibat dan Akibat - Sebab

Hasil tulisan tugas Bahasa Indonesia tentang paragraf Generalisasi, Analogi, Sebab - Akibat dan Akibat - Sebab. Ini cuma contoh hasil bikin sendiri, gak tau bener atau gak soalnya gak diperiksa satu-satu nih tugas sama gurunya. . .

Paragraf Analogi
Kepercayaan yang diberikan seseorang kepada Anda dapat diibaratkan sebagai sebuah kertas putih. Kertas putih itu akan tercoreng oleh tinta kekecewaan apabila Anda juga mengkhianati sebuah kepercayaan. Kertas putih yang tercoreng tadi memang akan bisa terhapus dengan kelakuan Anda yang dapat berubah. Jikalau Anda, menginginkan kembali kepercayaan tersebut. Maka dari itu, jagalah kepercayaan yang telah seseorang berikan kepada Anda, seperti Anda menjaga sebuah kertas putih agar tidak tercoreng dengan tinta kekecewaan.

Paragraf Sebab - Akibat
Kedua bodyguard penculik Rere langsung menerjang Rendi, kakaknya Rere. Rendi mengeluarkan jurus Tae Kwon Do-nya. Dia pernah belajar Tae Kwon Do saat SD. Lumayan ampuh juga untuk menghajar lawan meskipun dia sempat beberapa kali dicegat. Akhirnya, Rendi pun dapat melumpuhkan kedua bodyguard yang sempat menculik adiknya beberapa saat lalu.

Paragraf Akibat - Sebab
Akibat sepatu high heels ibunya yang patah tiba-tiba saat bermain lari-larian di halaman rumah dengan Labibah, Fina terjatuh dan kakinya keseleo. Pada awalnya, Fina hanya ingin mencoba menggunakan sepatu high heels. Namun, kedatangan Labibah ke rumah membuat Fina lupa kalau ia sedang menggunakan sepatu milik ibunya. Dan, sesaat  kemudian Fina dan Labibah asyik bermain lari-larian. Sebelum akhirnya, kejadian buruk tersebut terjadi.
=======
Paragraf generalisasinya menyusul ya. Maaf kalau paragrafnya agak kurang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar