Minggu, 17 Juli 2016

Plog - (Cerpen part II)

"Biar Lesya aja deh yang cerita langsung buat lu...silahkan Syasya sayang", Uur senyum mempersilahkan yang punya pengalaman dan kenangan hidupnya untuk menceritakan kepada Ilo.

"Jadi gini Lo. Pacar gue, eh mantan lebih tepatnya. Baru aja mutusin gue seminggu yang lalu. Dari kampusnya, dia disuruh magang di daerah asal masing-masing, balik lah dia ke Banten", Lesya langsung mendekatkan mulutnya ke telinga Ilo.

"Sya gak usah bisik-bisik juga bisa kayanya ya, modus deh kamuuu...", ejek Uur yang melihat perlakuan Lesya ke Ilo.

"Ceilah cemburu tuh, yakan? Yakan?", ledekku pada Uur, sekejap kemudian Uur manyun manja dan mukanya memerah.

"Oke oke. Gue lanjutin nih ya gak pake bisik-bisik. Sesuai permintaan si sayang", Lesya mengedipkan matanya kearah Uur. Terlihat Uur tersenyum, Lesya langsung menatap Ilo lagi untuk melanjutkan ceritanya. "Setelah dia balik ke Banten, mulai deh tuh rewel. Rewel yang bilang kangen, gak bisa jauh dari gue, gak bisa LDR-an dan lain-lagi sampe gue lupa dia ngomong apa aja"

"Hmmm . . . Terus, Sya?", Ilo menanggapi dengan seksama.

"Sebulan pertama gue berusaha yakinin dia, kalo kita, gue sama mantan gue, Wipo, bisa LDR, dan gue berhasil. Bulan kedua, ketika Bu Rina ngasih angkatan kita tugas lapangan selama seminggu, full, kita sibuk bukan main dan Wipo kembali uring-uringan. Diawal bulan ketiga dia magang, gue berusaha lagi bikin dia yakin. Kali ini susah! Gue cuma ngadu keluh kesah kesusahan gue ngebujuk Wipo ini sama Unny, karena dia yang saat itu satu kelompok tugas lapangan bareng gue", Lesya merangkulku yang duduk di sebelah kanannya. Aku tersenyum, mengisyaratkan kalau Lesya masih harus meneruskan ceritanya karena Ilo yang duduk dihadapan Lesya terlihat antusias mendengar ceritanya. Sedangkan Uur dan Putra, mencari lokasi main kita hari ini melalui smartphone masing-masing.

"Hampir sebulan, akhirnya gue berhasil lagi balikin hubungan gue tetep seperti adanya tanpa kerasa kaya LDR. Masuk bulan keempat, gue mulai liat facebook dia dan ternyata dia upload foto bareng temen magangnya di pantai dengan caption - Piknik Sesaat - seminggu kemudian, tepatnya seminggu yang lalu, dia balik ke Jakarta. Gue kangen, kangen sekangen kangennya orang yang lagi kangen", terlihat mata Lesya mulai berkaca-kaca menahan tangis, tapi dia tetap tersenyum sambil meneruskan ceritanya.

"Malemnya, Wipo sms - Caa bsk ketemu ya:* nanti aku jemput ke rumah kamu jam 3 sore - gak sempet gue bales, karena gue tidur. Besok paginya gue bales - Iya Popo aku tunggu di rmh:* - sekitar jam satuan gue siap-siap, jam setengah tiga beres. Gue harap-harap cemas nunggu Wipo. Jam dinding rumah gue berdentang tiga kali, itu tandanya udah jam tiga dan Wipo belom dateng. Gue nunggu depan tv sambil nyetel drama korea, gak kerasa udah kedenger adzan Maghrib. Riasan gue mulai luntur gak karuan. Kali ini jam dinding rumah gue berdentang tujuh kali dan Wipo tetep gak ngasih kabar. Gue iseng ambil handphone gue, buka facebook. Gak perlu sampe visit profil Wipo, karena di beranda ada tiga foto baru Wipo sama cewek lain, cewek temen magangnya waktu itu dan cewek yang secara mengejutkan ada dihubungan gue sama Wipo. Tamu spesial dan gak disangka-sangka. Abis ngeliat foto itu gue sms Wipo - Popo kemana? Kamu gak jd ke rmh aku? Pdhl aku bela-belain mandi buat kamu - kalian tau kan, gue males mandi, kalo emang libur dan gak kemana-mana", aku dan Ilo nyengir mendengar perkataan Lesya barusan.

"Wipo ngebales dua hari kemudian - Caaa makasih udah pernah ngisi hari2 aku, mulai skrg kita putus aja ya:) - kaget gak sih kalo lu jadi gue, Lo? Cepet banget kan dia berubah, gue gak terima dong diputusin gitu aja. Gue bales - Punya alesan knp putusin aku? - Wipo gak bales lagi. Bete, gue langsung vn Unny saat itu juga. Eh tapi Unny lagi nemenin nyokapnya di dapur, alhasil gue iseng aja ngoprek handphone. Buka facebook, Wipo gak update apa-apa. Pas buka path, ternyata check-in di Cafe Braye bareng sama cewek itu dan kali ini captionnya - Luangin waktu buat si anti sibuk:*" pengen marah tapi orangnya gak ada, jadi gue nangis sejadi-jadinya. Pas Unny nelpon juga, gue cuma bisa nangis di telpon"

"Terus udah berakhir gitu aja hubungan lu sama Wipo yang udah setahun lebih itu?", Ilo penasaran.

"Iya, Lo. Dan lu harus tau alesan dia pergi", Lesya bersemangat.

"Apa Sya?!!"

"Dia ninggalin gue karena gue - kamu sibuk ca, terlalu sering kunjungan bareng temen kampus ke Paud daripada kunjungin tempat nongkrong bareng aku, kamu gak gaul, gak bisa diajak hedon - ya gitu, Lo. Gitu isi sms dia pas besoknya ngebales sms gue tentang alesan dia ninggalin gue"

"Dih! Kurangajar! Awas aja nyesel ninggalin temen gue ini. Kalo nanti dia ngajak lu balikan, lu gak usah mau!", Ilo marah sejadi-jadinya di depan perpustakaan kampus.

"Calm down! Malu diliat sama orang. Gue juga marah pas tau itu. Makanya sekarang, Lesya jadi yang semangat kedua buat hedon setelah "biang hedon" kita", ucapku menenangkan Ilo.

"Bro sist, udah beres gosipnya? Kita caw sekarang yuk! Gue nemu tempat asik nih, rekomen dari abang gue"

Aku, Lesya dan Ilo mengacungkan jempol. Lalu Uur berteriak, "Kita siap buat hedon, kita gak sibuk broh, cuma agak banyak keperluan aja sama tugas kampus! HAHAHA"

Kami berlima menuju mobil Ilo dan langsung menuju lokasi yang direkomendasiin abangnya Putra. Sesampainya disana, sambil menunggu pesanan tiba kami berlima membuka path dan update di Cafe Kekinian (daerah Jagakarsa). Caption kami berlima sengaja dibuat sama, "Misi Hedon Ke - 1"
-------
"Bandung rasa Jakarta ya, macet bet!", Lesya bergumam sambil duduk di lobby Trans Hotel.

(Bet; ungkapan kata pengganti untuk kata Banget, biasanya diungkapan sama remaja-remaja sekarang)

"Maklum, weekend. Lagi juga capean gue sama Uur nih. Yang nyupirin kalian dari Jakarta ke Bandung. Kalian sih enak bisa bobo gemas"

"Selow, Lo! Walaupun kita berdua nyupir. Gue gak nyia-nyiain momen langka tadi kok. Nih!", Uur menunjukkan foto selfie dirinya dan Ilo.

"Apaan dah, Ur! Ini kan foto kita pas lu ngajak gue selfie"

"Yeuh! Lu perhatiin yang bener napa! Tuh dibelakang kita ada siapa?", Uur ngajak main tebak-tebakkan Ilo yang kurang fokus memperhatikan foto selfienya.

"Gue liat dong!", Lesya mulai penasaran dengan foto yang Uur tunjukkan untuk Ilo tadi.

"Nanti ya Syasya sayang, gue upload dulu nih ke path si aplikasi untuk sombong. Biar pada tau kita lagi di Bandung"

Ting Nong . . . serentak notifikasi dihandphone kami berbunyi, kecuali dihandphone milik Putra.

"Wah si hedon udah update duluan", celetukku.

"Gue bales ah si hedon. Mumpung orangnya lagi ngelangkah jauh dari kita nih. Siap gak, Lo?", tantang Uur sambil nyengir.

"Pastinya lah, Ur! Hahaha", Ilo bersemangat menanggapi tantangan Uur.

"Syasya, Unny, lu berdua tunggu notifikasi di hp lu ya", Uur yang paling jail diantara kami memulai atraksinya.

Lima menit kemudian.

"Ur mana? Katanya mau upload foto di path"

"Sabar, Ny. Sinyal lemot nih. Kuota udah mau abis, gue lupa ngisi"

"Yaudah kita ke kamar deh ya, ngantuk. Mau lanjutin tidur dulu sebentar, sebelum nanti malem kita hedon bersama", ajak Lesya padaku seraya berpamitan dengan Uur dan Ilo. Sambil menggendong tas punggungnya, Lesya dan aku melangkah menuju salah satu dari dua kamar yang telah dibooking oleh Om Resva, teman Papa, untuk kami.
-------
"Gue ke balkon ya, Ny. Kalo lu mau lanjut tidur, lanjutin aja. Gue tau hobi lu tidur kok, hahaha", ledek Lesya padaku.

"Yoo. Lu hati-hati di balkon, nanti siapa tau kena angin sejuk Bandung malah ketiduran di luar" ledekku membalas Lesya.

Aku mengecek pathku, Lesya baru saja update di Trans Hotel Bandung bersama aku, Deral Putra, Urdho Resman dan Raylo Denis Prasetya. Begitu pun aku, sebelum aku memenjamkan mata sengaja aku update hal yang sama seperti Lesya dan Putra lakukan.

"Sesekali apdet di kota orang lah, bosen di Jekardah muluuu~"

Dibumbui caption, baru aku klik tanda ceklis, tanda setuju untuk upload. Selesai mengirim sebuah postingan di path, aku meletakkan handphoneku di atas meja dekat kasur. Setelah meletakkan handphone di atas meja yang berada disisi kiriku, aku memalingkan tubuh ke arah kanan seraya menjangkau guling yang ada, lalu kupeluk.

Ting Nong . . . Terdengar bunyi nyaring notifikasi handphoneku. "Paling Uur", umpatku dalam hati.

"Unny! Cek whatsapp deh, S E K A R A N G!", teriak Lesya dari arah balkon kamar.

Aku yang baru saja ingin terlelap kembali ke sisi handphoneku berada. Ada satu pesan di grup chat dari Putra. Aku buka grup chat "Hedon". Sebuah foto yang masih loading untuk aku download, dengan caption, "URDHO, RAYLO. ABIS LU YA SAMA GUE!!!"
-------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar