Senin, 24 Agustus 2015

Aku Gak Sendiri

Mengenal orang itu mudah tapi memahami orang itu yang susah. Gak semua yang kita kenal bisa kita pahami, begitu pun sebaliknya. Kadang, khususnya aku sendiri, buat percaya sama orang itu gampang, sampai akhirnya kekecewaan yang merusak kepercayaan itu yang bikin aku mundur buat percaya seseorang.

Tapi, gak semua kekecewaan buat aku mundur. Kadang, aku cukup jaga jarak sesaat hingga akhirnya orang yang mengecewakan aku mencari ku dan butuh aku. Walaupun dia yang bikin kecewa gak minta maaf, tapi kalo emang dia butuh aku, aku harus bisa pasang tampang gak ada apa-apa diantara aku dan orang lain itu.

Dari aku kecil lebih dari banyak orang yang sudah aku kenal, terlebih orang yang ku kenal di dunia maya. Tapi, cukup beberapa orang aja yang bisa kupercaya, sebut aja mereka "sahabat" ku.

Walaupun status sendiri, tapi kalo udah sama sahabat itu kebahagian gak berhenti buat ngalir begitu aja. Emang kadang kesedihan hadir diantara sahabat ku itu. Dan itu menuntutku sebagai orang yang bertanggung jawab untuk bisa diandalkan membuat mereka bahagia lagi.

Ya emang, aku juga gak gampang bikin mereka bahagia, apalagi bikin mereka ketawa, tapi saat mereka butuh orang yang bisa dengerin cerita, saat mereka butuh orang yang nemenin mereka ngobrol langsung, atau mungkin mereka butuh orang yang bisa hadir buat mereka saat orang yang mereka harapkan gak hadir buat mereka; aku siap diandalkan. Kecuali ya, kalo emang aku lagi off data internet atau lagi tidur, nah itu tuh, kadang nyesel juga pas ada yang butuh akunya gak bisa bantu.

Kadang, malah terlebih sering kayanya, kalo kekecewaan karena sahabat itu ada, cukup dipendam sendiri, kalo emang perlu cerita aku pun akan pilih-pilih orang untuk mendengarkan cerita ku.

"Kok pilih-pilih? Kenapa gak semuanya aja diceritain ke semua orang yang udah kamu percaya?"

Karena gini, saat kalian punya masalah, gak semua orang yang udah kalian percaya ada waktu buat dengerin cerita kalian. Karena gak semua cerita aku penting buat mereka, karena aku gak mau ganggu waktu mereka (apalagi mereka yang sibuk) dengan cerita cengeng ku dan satu lagi, karena kadang mereka juga punya masalah sendiri yang lagi mereka usahakan untuk diselesaikan dengan cara mereka sendiri, masa iya aku tambahin pikiran mereka dengan masalah cengeng ku, gak tega lah.

Kalo udah gitu, kadang menyimpan sendiri masalah yang ku punya lebih asik daripada ngarepin orang yang bisa dengerin cerita dengan ikhlas tapi malah sabodo teuing.

"Katanya punya sahabat, kok masih suka ngerasa sendiri atau pas mau pergi ke suatu tempat masih bingung ngajak siapa?"

Karena gini, gak semua ada waktu buat nemenin aku, gak semua ada uang buat nemenin aku, gak semua ada izin buat nemenin aku.

Karena aku juga kadang bikin kecewa mereka, kadang bikin nangis mereka, ya walaupun mereka gak bilang tapi hati kadang ngerasa kalo abis buat salah sama orang yang udah aku anggap dekat. Jadi, buat apa aku berharap lebih pada mereka? Aku juga masih belum sempurna buat mereka. Sadar diri aja ini mah.

Ya spesial terimakasih aja buat sahabat yang udah bisa hadir di hidupku, gak semua bikin bahagia tapi dengan kekecewaan aku bisa paham sifat asli mereka gimana, seenggaknya kan biar gak keulang aja sama kekecewaan yang sama karena orang yang sama.

Emang sampai saat ini juga, mau seberapa lama persahabatan aku dan mereka, aku juga kadang masih perlu intropeksi diri biar aku gak salah nanggepin mereka atau mungkin aku juga masih perlu memperbaiki diri agar mereka lebih nyaman dekat dengan ku.

Disatu sisi, pikiran aku kadang aneh. Apa yang aneh, ya itu suka kepikiran "aku dianggap sahabat gak sih sama mereka, sebagaimana aku menganggap mereka?" Pikiran anak-anak banget yakan, tapi ya nikmatin aja lah selagi mereka butuh aku, aku sebisa mungkin ada buat mereka.

Atau kadang aku juga merasa aneh dengan perasaan ku terhadap mereka. Apa yang aneh, ya itu suka ngerasa "cemburu" kalo ngeliat mereka lagi asik sama sahabat mereka yang lain atau ngeliat mereka bahagia sama orang lain, gak salah sih emang cuma kadang bikin aku mikir "kenapa harus sama orang lain? kenapa gak sama aku aja? aku gak seasik orang lain itu atau emang orang lain itu lebih dianggap ada oleh sahabatku?"

Ya entah, namanya juga perasaan. Kalo udah gitu aku bisa apa, paling diem aja.

Terus intinya nulis sepanjang ini apa? Gak tau juga sih, ya pokoknya pengen aja mereka yang udah aku anggap sahabat itu bisa tau aku sayang mereka melebihi pacar mereka, ya walaupun aku juga gak bisa janjiin mereka dengan kebahagiaan terus. Aku cuma bisa janji yang seenggaknya bisa aku tepatin, aku janji untuk selalu ada, sebisa mungkin ada buat mereka. Karena dengan mereka, aku gak ngerasa sendiri.

Cukup lah, kebanyakan nulis jadi ngawur kemana-mana nulisnya. Maafin ya, bawaan perasaan suka gini, segala yang dirasa jadi ditulis. Hampura ya akang teteh sadayana. Sampai ketemu aja ditulisan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar